Selasa, 20 November 2012


 KEJAHATAN DUNIA MAYA

1. Hati-hati dengan indentitas diri
Maraknya dunia online seperti jejaring sosial (Facebook, Twitter dll) dan aneka forum diskusi online secara tidak langsung memaksa user untuk menyediakan informasi tentang dirinya mulai dari nama, tanggal lahir, alamat, nomor telpon, dll. Hampir semua penyedia jasa online menghendaki usernya mengisi form secara jujur. Pertanyaan yang menarik adalah seberapa jauh kita yakin jika data yang kita isi tersebut aman?
Secara umum semua penyedia media online menyerukan jika data diri users aman. Justru data user menjadi tidak aman akibat kecerobohannya sendiri sehingga datanya bisa dimiliki oleh orang lain sepeti tidak sign out sehabis malakukan aktifitas online apalagi dilakukan ditempat terbuka seperti warnet dll. Kehatian-hatian dalam menjadi akun harus dilakukan.
2. Hati-hati berteman di dunia online
Sebagai pengguna media online seperti jejaring sosial hampir setiap hari ada yang add saya sebagai teman. Hal yang paling menarik adalah seringkali saya tidak mengenal orang tersebut. Hal ini sangat aneh karena saya berteman dengan orang asing atau orang yang identitasnya tidak jelas. Dari berbagai media masa sering kita jumpai beberapa orang menjadi korban oleh temannya yang dikenal di media online. Untuk menghindari hal tersebut, hal-hal dibawah ini bisa dilakukan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar